Menikmati Senja Diatas Awan, Kawah Ijen

/
0 Comments
Senja sore itu, di bibir kawah ijen ketika kami akan turun menuju pos 1
Bulan agustus kali ini merupakan liburan panjang sekaligus musim kemarau yang baik untuk merencanakan liburan, kali ini tempat yang saya pilih yaitu kawah ijen. Kawah ijen saya pilih karena lokasinya yang dekat dengan kampung halaman yaitu Bondowoso. Setelah lebaran selesai dan menyisakan waktu liburan, saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini setelah beberapa tahun tidak mengunjungi kawah ijen kembali.
Bersama seorang kawan dari banyuwangi yang kebetulan mempunyai hobi sama yaitu fotografi kami bertiga memulai pendakian jam 15.00 WIB, memang kami sengaja mendaki ijen sore hari karena saya sendiri belum pernah melihat sunset di kawah ijen. Dengan tracking sekitar 2 jam, sampailah kami di bibir kawah, angina kencang dan debu kali ini menemani kami menikmati indahnya ijen di sore hari.
Ketika sampai di bibir kawah saya cukup kaget melihat betapa sepinya penambang belerang yang biasanya berpapasan ketika tracking, ternyata setelah bertanya kepada petugas dipos pendakian hari ini masih merupakan hari libur lebaran, sehingga para penambang pun juga libur kerja. Tetapi dengan sepinya penambang suasana sore itu semakin indah, asap tebal yang dikeluarkan sesekali menyelimuti matahari yang akan tenggelam. Inilah waktu yang saya tunggu-tunggu, perubahan warna menjelang matahari tenggelam tidak saya lewatkan begitu saja. Tripod dan kamera selalu saya pegang karena angin waktu itu sangat kencang dan disepanjang bibir kawah hampir tidak ada tempat untuk berlindung.
pemandangan yang kami lihat ketika akan mencapai bibir kawah, langit begitu cerah dimusim kemarau.
matahari yang sesekali tertutup asap kawah, sesekali muncul menghangatkan suasana pegunungan
Bibir kawah ijen, yang ketika sunrise terlihat ukiran ukiran di tebingnya
Senja yang tinggal beberapa menit lagi, bersama asap belerang
Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan, kami tak lupa mengibarkan sang bendera merah putih


You may also like

No comments:

Mulailah menulis satu kata, lalu satu kalimat, kemudian satu paragraf, selanjutnya satu halaman, sampai akhirnya menjadi satu buku…

Powered by Blogger.