Pantai Ngobaran, Suasana Bali di Yogyakarta

/
0 Comments

Siapa sangka di balik bebatuan dan alam Gunung Kidul yang gersang, terdapat pantai-pantai yang indah dan eksotis, seperti Pantai Ngobaran. Ada yang unik dari pantai ini, bangunan yang paling jelas terlihat adalah tempat ibadah semacam pura dengan patung-patung dewa berwarna putih yang berada di ujung karang mirip seperti yang ada di Bali.

View Pantai Ngobaran dari bukit

Belum banyak yang tahu tentang pantai ini dibandingkan dengan Pantai Baron atau Parang Tritis. Padahal keindahan pantai dan wilayah sekitarnya cukup memukau. Pertama kali mengunjungi Pantai Ngobaran. Seperti kebanyakan pantai yang ada di wilayah Gunungkidul, di pantai ini banyak terlihat tebing atau bukit-bukit batu yang menemani pemandangan pantai. Sungguh indah melihat hamparan laut dari atas bukit. Dari sisi lain akan terlihat pantai dengan tebing-tebing menawan dipadu pohon pandan besar dan flora khas lainnya.
Tebing yang menjadi ciri khas pantai Gunung Kidul
Patung dewa di Pantai Ngobaran

Dari lokasi patung tersebut anda dapat juga menuruni tebing menggunakan tangga buatan menuju pantai yang terbilang cukup sempit, bebatuan yang berada di pinggir pantai membuat arus laut menjadi tenang, sesekali terlihat seseorang sedang asyik bermain pasir dan berenang di lokasi ini. Namun anda harus berhati-hati karena tangganya lumayan curam, tapi bagi saya sungguh asyik dan menantang.
Patung dewa ketika memasuki area pure
Tangga buatan untuk turun menuju pantai




















Menuju ke arah barat kalian dapat menikmati indahnya pantai Ngobaran, hamparan pasir dan desiran ombak yang terbilang cukup ramah kalian dapat juga menikmati dinginnya air laut. Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Kalau air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Jika dilihat dari atas, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela karang tampak seperti sawah di wilayah padat penduduk. Puluhan jenis binatang laut juga terdapat di sela-sela karang, mulai dari landak laut, bintang laut, hingga golongan kerang-kerangan.
View Pantai Ngobaran dengan Pasir Putihnya
Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Berjarak 65 KM dari Kota Yogyakarta. Jarak tempuh bisa dari Wonosari dan juga bisa dari Pantai Parang tritis, tetapi untuk saat ini jalan dari pantai Parang Tritis sedang dalam perbaikan. Membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapai lokasi ini bila dari kota Yogyakarta.


You may also like

No comments:

Mulailah menulis satu kata, lalu satu kalimat, kemudian satu paragraf, selanjutnya satu halaman, sampai akhirnya menjadi satu buku…

Powered by Blogger.