Melanjutkan cerita beberapa bulan yang lalu ketika saya berkunjung kembali kepulau lombok, saya sempatkan untuk mengunjungi berbagai tempat pariwisata yang populer di Pulau Lombok, diataranya yaitu Pantai Mawun. Pantai Mawun letaknya di sebelah barat Pantai Kuta dan sebelah timur Pantai Selong Belanak. Akses menuju pantai Mawun sangatlah mudah, tinggal melihat GPS pada handphone anda maka kalian akan mudah menemukannya.. :p
Jika kesulitan kalian dapat bertanya pada penduduk sekitar, warga disekitar pantai sangat ramah-tamah kepada pengunjung, jadi jangan sesekali kalian malu bertanya karena pantai di sepanjang lombok tengah sangatlah banyak. Dari Mataram kota perjalanan kami tempuh sekitar jam 09.00 WITA dan setibanya di pantai mawun di siang hari, beruntunglah kami waktu itu cuaca sangat cerah, berbeda dengan hari hari sebelumnya yang terkadang mendung dan sesekali hujan pun turun.
Pantai Mawun masih sunyi dan sepi :)
Bule yang siap untuk berenang di pantai mawun :p
Sesampai di pantai ini suasana pun sangat berbeda, sangat sedikit bule bule yang berkunjung, mungkin karena ombaknya yang sangat tenang sehingga bule yang suka berselancar kurang menyukai pantai ini. Beberapa bule juga terlihat sedang berjemur dan berteduh di bawah pohon yang sangat besar dan rindang sambil membaca buku.
Keindahan yang dimiliki pantai ini adalah airnya yang berwarna biru berpadu dengan warna hijau pada bagian tepi, penyatuan dua warna inilah yang membuat pemandangan di pantai ini semakin memukau. Hamparan pasir pantai yang berwarna putih yang sudah menjadi ciri khas pantai-pantai di Pulau Lombok juga bisa kalian temui disini.
Ciri khas pantai ini, air yang berwarna biru dan hijau
Pantai Mawun yang tenang karena berada di teluk
Lombok memang destinasi yang lengkap dari bawah laut, pantai, bukit sampai pegunungannya. Hari pertama saya tiba di lombok saya langsung menuju bukit malimbu. Bukit Malimbu merupakan salah satu spot terfavorit di Pulau Lombok untuk menyaksikan sunset. Bukit Malimbu sendiri ada dua, yaitu bukit malimbu 1 dan bukit malimbu 2. Jarak dari kota mataram sekitar kurang lebih 45 menit, diperjalanan kalian akan merasakan sensasi yang berbeda, keluar dari hiruk piruk keramaian kota mataram kalian akan menjalani jalan yang berliku-liku dengan pemandangan pantai di sebelah kanan, sepanjang perjalanan itu pula terdapat penginapan atau hotel dengan ciri khas pulau lombok.
Gili trawangan, gili meno dan gili air sudah kelihatan dari Bukit Malimbu II
Jika kalian mau menuju ke gili trawangan dari mataram, ada dua alternatif yaitu melewati pusuk dengan view hutan dan jalanan yang berliku, atau melewati bukit malimbu dengan suasana pantai di sepanjang jalan dengan nyiur melambainya. Menikmati pemandangan dibukit malimbu sangatlah sempurna jika langit dalam keadaan cerah. Jika cuaca sangat cerah kalian juga tak hanya melihat gili trawangan, gili air dan gili meno yang terkenal itu tetapi kalian juga akan disuguhi pemandangan Gunung Agung di Bali dari kejauhan.
Jalanan berliku di Bukit Malimbu II
Manikmati Gili Trawangan dari Bukit Malimbu II
Saya sampai dibukit Malimbu II sekitar jam 16.00 WITA, cuaca yang lumayan panas, tetapi untung saja cerah. Belum setengah jam sampai dibukit malimbu II, seorang kawan si bayu yang menyusul dari Malang sudah tiba di terminal Mataram, akhirnya dua orang terpaksa menjemput dan dua orang lagi termasuk saya bertahan untuk memotret sunset, hahahaha.. ya ginilah, klo sudah pengen motret pokoknya ngotot harus dapet fotonya. Dua jam menunggu sunset nggk asik tanpa makanan dan minuman, mulailah lirik kanan dan lirik kiri untungnya ada juga penjual kopi dan jagung bakar "oke bi, kopi 4 ya bi" hahaha..!! Tapi kalau kalian berjalan ke bagian bawah, berhati hatilah kawan.. banyak ranjau di perjalanan (t*i sapi) yang sudah kering atau basah anget anget masih ada, untung saja ranjaunya tidak satupun saya injak, kalaupun iya tamat sudah harus cuci di air laut yang kalau turun jauh banget, hahaha..
Menanti sunset berdua di Bukit Malimbu II
Sunset di Bukit Malimbu II, sayang sekali mendung andai saja cerah beda lagi ceritanya, haha

Tahun 2014 merupakan tahun yang istimewa bagi saya, banyak pengalaman yang saya dapat di tahun 2014 lalu. Dari menjadi seorang pejalan sampai memenangi beberapa lomba fotografi, saya selalu bersyukur atas semua pencapaian yang telah terwujud di tahun 2014 dan itu akan menjadi motivasi bagi saya di masa yang akan datang. Tahun baru telah tiba, tentunya harus di awali juga dengan semangat baru, salah satunya yaitu semangat menjelajahi nusantara.
Akhir tahun 2014 saya sempat berfikir, nanti awal tahun mau saya awali kemana ya travelingnya.. hmmm.. entah mengapa saya selalu bimbang, seperti kata orang januari itu hujan sehari - hari. Kedua orang tua saya tak hanya sekali mengingatkan "Yakin mau traveling di musim hujan, nanti kamu nggk bisa kemana - mana dan nggk dapet foto yang bagus". Bukan anak laki-laki namanya kalo musim hujan takut traveling, hahaha..
Setelah dipikir ngalor-ngidul, pulau Lombok menjadi destinasi awal pilihan saya di tahun 2015 ini. Kenapa saya memilih lombok, saya pernah mengunjungi pulau ini 3 tahun yang lalu, memory yang ada di otak saya masih kuat melekat akan keindahan yang diberikan oleh pulau lombok, memang waktu itu di pertengahan tahun 2012 saya lebih cenderung mendaki gunung rinjani dari pada explore pantai pantai yang masih tersembunyi dan alami di lombok. Jadi jika saya ke lombok saya ingin menjelajahi pantai pantai yang berpasir putih dengan suasana yang alami.
Tugu masjid di Lombok, simbol pulau ini sebagai pulau seribu masjid
Sesampainya di Pulau Lombok saya sedikit kaget melihat beberapa perubahan, banyak sekali hal yang berubah dari 3 tahun yang lalu. Mataram semakin ramai, jalanan semakin macet dan banyak bangunan baru seperti mesjid di Kota Mataram yang katanya mesjid terbesar di Pulau Lombok, wow.. betapa besarnya masjid itu. Di Pulau Lombok saya bertemu dengan seorang teman lama sekaligus teman perjalanan di Gunung Rinjani, klik Pendakian Gunung Rinjani kalau kalian ingin tau betapa hebatnya badai dan betapa indahnya Gunung Rinjani ini.
Sore hari di hari pertama, saya langsung menuju bukit malimbu.. bukit malimbu merupakan salah satu tempat untuk menyaksikan sunset di pulau lombok, nanti setiap tempat yang saya kunjungi akan saya ulas lebih dalam lagi satu persatu, jadi bagi kalian yang berencana menikmati indahnya Lombok, jangan malas membaca yak, hahaha :p
Bukit Malimbu II, tempat yang asik menikmati sunset dan secangkir kopi
Batu Payung, Batunya lebih mirip sama ikan louhan tapi yak :)
Surfing asik di pantai selong belanak
Lombok itu indah kata orang, jangan percaya.. buktikan sendiri coy..!! 10 hari saya berada di Pulau Lombok, bersama seorang kawan lama yang berdarah lombok (Rian), dan seorang kawan fotografer dari jogja (Ipanovic), serta dua traveler dari malang yang gokil abis sekalian paling lama bangun tidur, hahhaa.. (Riris+Bayu). Kami berlima sudah seperti power rangers dan bahkan ada yang bilang mirip boy band kalau di foto, ahahah bodoamat sudah..!!
Ada yang bilang "Jangan Ke Lombok, Nanti Gak Mau Pulang !" ternyata itu benar kawan, keindahan dan budaya pulau ini tak ada habisnya di explore, saya selalu sempatkan mengunjungi beberapa tempat walaupun hanya sekedar memotret terus pulang ke mataram, hehehe..
Bukit Merese, merupakan bukit untuk melihat pantai keseluruhan dengan pasir yang putih
Cara kami menikmati pagi, bagaimana denganmu kawan..? :D
Destinasi di Lombok yang harus kalian kunjungi :
1. Bukit Malimbu
Indonesia merupakan Negara yang memiliki sejuta pesona wisata alam dan budayanya, bahkan hal yang sangat mustahil dilakukan dapat menjadi kenyataan seperti olahraga alam yang bernama Sandboarding. Di Indonesia baru di gumuk pasir Parangkusumo Yogyakarta yang dapat digunakan untuk melakukan aktivitas ini, lokasinya pun sangat mudah di jangkau dari pusat kota Jogja. Bersebelahan dengan pantai Parang Tritis yang sudah menjadi icon kota Jogja, maka jika kalian berkunjung ke Parang Tritis akan terlihat gumuk pasir yang luas dan disanalah biasanya aktivitas ini dilakukan.
Sandboarding sama halnya seperti snowboarding, menggunakan papan seluncur yang memiliki dudukan untuk kaki-kaki agar tidak mudah lepas tetapi yang membedakannya adalah sandboard memiliki olesan wax/lilin pada bagian dasarnya agar lebih licin saat meluncur. Dan jangan lupa juga menggunakan alat pengaman berupa helm kemudian bersiap-siaplah kalian menguji adrenalin di atas pasir dengan ketinggian yang berkisar antara 5-7 meter. Indonesia memang sudah jelas tidak memiliki salju, tetapi Indonesia memiliki pasir yang melimpah, meskipun berbeda antara salju dan pasir tetapi sensasi meluncur dari ketinggian merupakan hal yang luar biasa dan menantang. Saat ini gumuk pasir Parangkusumo menjadi tempat favorit ketika sore hari, para penggemar sandboarding tak hanya meluncur saja di atas pasir tetapi menikmati indahnya sunset di atas papan seluncur.
Awal mula mencoba olahraga ini saya melihat papan seluncur yang ada di sekretariat Mapagama (Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Gadjah Mada) yang kemudian saya bertanya untuk apa alat itu dan mulailah satu persatu mereka yang pernah berseluncur bercerita tentang asiknya bermain sandboaring. Tertarik mendengar cerita mereka saya dan teman teman Mapagama kemudian mencari waktu yang tepat untuk mencobanya, sesampai di gumuk pasir cukup kaget juga melihat medannya yang lumayan tinggi. Wah, kalau seperti ini sih cepat turunnya, tetapi capek untuk naiknya, hahaha.. beberapa teman-teman mulai mempersiapkan alat dan satu persatu meluncur dari atas pasir, teriakan demi teriakan dalam menyeimbangkan tubuh pun terdengar seru, melihat mereka bermain sandboarding saya pun ikut ingin merasakan bagaimana rasanya meluncur di atas pasir, jujur saya belum pernah mencoba permainan semacam ini seperti skateboard dan lainnya.
Setelah semua peralatan sudah saya persiapkan sekarang tinggal mengumpulkan nyali untuk meluncur dari atas pasir, dan belum juga siap untuk meluncur papan itu sudah meluncur dengan sendirinya, whoaaaaa… Cuma satu yang ada di pikiran saya saat itu, jika saya terjatuh maka akan banyak teman-teman yang tertawa karena berlumuran pasir, hahaha.. tetapi itulah serunya bermain sandboarding, jatuh bangun sudah biasa..

Beberapa hari yang lalu, saya baru saja turun dari Gunung Merbabu, setelah dua tahun lamanya sempat berhenti dan memutuskan untuk istirahat sejenak dari pendakian, tahun ini saya menyempatkan untuk bernostalgia dengan Gunung Merbabu. Mungkin sudah dua tahun lamanya, saya pribadi sangat rindu akan dingin, panas, hujan, cahaya bulan, bunga edelweiss, padang savana dan secangkir kopi di ketinggian Tuhan. Tetapi dalam tulisan ini saya tidak menceritakan kisah saya di Merbabu, melainkan saya ingin memberi tips tentang peralatan apa saja yang harus di bawa ketika mendaki gunung. Yah, memang di luar sana banyak sekali tips yang serupa, bahkan puluhan hingga ratusan tulisan dimuat, tetapi.. apakah kalian membaca..? apakah kalian memahami tulisan tersebut..? Jangan pernah menyepelekan tulisan tersebut, karena nantinya akan berguna di kemudian hari ketika kalian akan mendaki kawan..
Sepintas, peralatan mendaki gunung hanya itu itu saja, tetapi jika dicatat secara terperinci jumlahnya akan semakin banyak. Jadi buat kalian yang masih pemula, semoga tulisan ini bermanfaat..

1. Tenda
Tenda menurut saya merupakan hal yang wajib dibawa, entah itu mau bermalem/ngecamp ataupun berangkat malam turun pagi. Kita tidak pernah tahu cuaca apa yang akan terjadi di pegunungan 5 menit kedepan bukan, terkadang cerah terkadang hujan, kabut, badai.. ah, hanya Tuhan yang maha tau. Tenda berkapasitas 3-4 orang untuk jaga-jaga jika kondisi tidak memungkinkan akan menjadi berarti di pegunungan. Bawalah tenda sesuai kemampuan tim kalian dan jangan pernah menyepelekan, kondisi fisik tim kalian ketika mendaki siapa yang tahu. Jika berat di carrier berbagilah, pisahkan saja frame dengan tendanya. Tahun ini juga banyak sekali tempat persewaan alat alat mendaki, jika kalian berniat untuk sewa tenda cek terlebih dahulu tipe tenda tersebut, pilihlah yang tidak robek sedikitpun, dan carilah tenda yang terdapat flysheet karena berguna untuk menyimpan barang serta untuk memasak jika kondisi diluar hujan dan tidak memungkinkan memasak diluar. Selain itu hal terpenting yaitu kalian harus bisa memasang tenda yang kalian sewa, jangan sampai asal sewa dengan harga murah tetapi sampai di atas gunung kalian malah kebingungan untuk memasang tenda, duhhh.. lebih baik dicoba dahulu sebelum pendakian dimulai. Jika kalian ingin membeli, pilihlah juga tenda yang terdapat flysheetnya, berikut saya contohkan tenda yang terdapat flysheet dan tidak..
Sumber foto dari google
Menurut saya, tenda 1 sangat tidak pas sekali jika di bawa di pegunungan karena tenda itu harusnya di pakai untuk camping di pantai dan hutan hutan yang memang sudah dibuat untuk area camping. Tenda nomor 2 yang paling saya suka, adanya teras di bagian depan sangat membantu sekali apalagi ketika kita tidur dimalam hari tidak khawatir akan barang barang yang ada diluar karena tertutup terasnya, lebih lebih jika hujan. untuk tenda nomor 3, sangat baik sekali tetapi pelajari cara memasangnya, cukup rumit memang dan lumayan memakan tempat di kondisi yang sempit untuk mendirikan tenda.

2. Tas Carrier
Diluar sana banyak sekali merk tas carrier dengan berbagai macam ukuran, saran saya belilah yang termahal yang kalian mampu, saya jamin tidak akan menyesal karena nantinya carrier tersebut akan kalian pakai selamanya dan selain itu alat inilah yang akan membawa beban berkilo kilo ke atas pegunungan, harga mahal pasti akan sesuai dengan kenyamanan kalian ketika akan mendaki. Menurut saya pribadi, saya sering suka tas carrier merk Deuter, entah mengapa kenyamanan ketika mendaki sangat berbeda dengan carrier lainnya, jika kalian tidak mampu membeli, saran saya lagi "jangan buru-buru, bersabarlah..". Oh ya, ini menurut saya pribadi dan tak ada sponsor lho, jika temen temen ada suka dengan produk/merk lain ya bebas kok, yang penting kenyamanan ketika mendaki, hehehe.. Jika kalian sewa carrier, jangan lupa untuk melihat berapa Liter kapasitas carrier tersebut, cek kondisi fisiknya dan cek juga coverbagnya jangan sampai terlalu kecil dan terlalu besar, malah aneh jadinya, hehehe.. oh ya, jangan lupa juga sebelum packing barang barang kalian ke dalam carrier, belilah plastik yang besar (trash bag) agar jika kehujanan barang barang di dalam akan tetap aman.

3. Sepatu lapangan/ Sepatu Gunung
Sepatu lapangan ada dua macam, di atas mata kaki dan di bawah mata kaki. Saya pribadi sangat nyaman memakai sepatu lapangan diatas mata kaki, selain melindungi mata kaki dari benturan bebatuan sepatu model ini juga meminimalkan debu atau pasir atau bebatuan yang kecil masuk kedalam sepatu. Banyak sekali saya jumpai temen temen pendaki lainnya yang memakai bukan sepatu lapangan, sebenernya sih kembali ke diri kalian sendiri karena toh kalian juga yang akan mendaki, sepatu gunung atau sepatu lapangan sudah dibuat agar tahan jika kaki terbentur batu, jalanan yang licin sehabis hujan dan jika ada hewan semacam ular yang tanpa sengaja berada di jalur pendakian, ya saya pribadi sih nggk bisa memastikan patokan ular itu tembus apa engga tetapi kan seenggaknya meminimalkan.
1. Sepatu di atas mata kaki. 2. Sepatu dibawah mata kaki *sumber foto dari google

4. Sendal Lapangan/ Sendal Gunung
Sering sekali saya dari awal memulai mendaki gunung hingga sekarang melihat pendaki yang hanya menggunakan sendal gunung dan kaos kaki saja. Untuk mereka yang sudah berpengalaman sih boleh boleh saja, tetapi secara langsung mereka memberikan gambaran kepada pemula dengan mendaki menggunakan sandal gunung. Sendal gunung memang wajib dibawa, tetapi digunakan ketika sudah mulai ngecamp/mendirikan tenda, jika kalian akan buang air kecil, atau bersantai santai menikmati suasana pegunungan. Jika dalam kondisi darurat seperti jempol yang luka tergesek sepatu gunung nah sendal lapangan sudah bisa di manfaatkan. Memakai sendal gunung ketika mendaki banyak sekali resikonya, keamanan kaki kita jelas menjadi yang utama, karena mendaki menggunakan kaki kawan, selain itu di ketinggian salah satu bagian yang paling dingin pertama kali yaitu jari jari, baik jari tangan atau jari kaki. Lebih mahal mana kaki kalian atau memakai sepatu gunung, hehehe.. sekali lagi ini menurut pandangan saya pribadi lho, hehe..

5. Sleeping Bag (SB)
Sleeping bag merupakan selimut kita di gunung, banyak sekali merk dan macam dari sleeping bag, saran dari saya carilah sleeping bag yang mudah dibawa dan sesuai dengan ukuran tas carrier, carilah yang bagian dalam dan luar berbeda, jadi bagian dalam hangat dan bagian luar dapat menahan rembesan air supaya tidak menembus ke dalam sleeping bag. Karena jika sleeping bag bagian dalam sudah mulai basah, saya pribadi merasa kurang nyaman.

6. Pakaian Hangat
Pakaian hangat dapat berupa jaket, kaos, celana panjang dan celana pendek, kaos kaki dan sarung tangan. Bawalah jaket secukupnya, untuk saya pribadi saya biasanya memilih jaket yang tidak terlalu tebal tetapi tahan terhadap rembesan air atau hujan rintik, sehingga kaos yang saya gunakan masih aman. Hindari memakai jaket yang membuat susah bergerak jika kalian akan melakukan pendakian di malam hari, tetapi jika kalian gunakan untuk istirahat di malam hari saya rasa tidak masalah. Selain jaket saya juga suka memakai flanel, entah mengapa ketika tidur saya lebih sering memakai flanel dari pada jaket, saya rasa flanel lebih hangat dari pada jaket, hehehe.. untuk celana lapangan saya lebih memilih yang memiliki banyak kantong dan berkain yang mudah kering, celana pendek saya gunakan ketika mulai ngecamp dan saya paling tidak suka naek gunung menggunakan celana bertipe jeans, selain susah untuk bergerak hal lainnya yaitu jika celana itu basah akan susah kering dan berat digunakan.

7. Matras, Nesting, Kompor gas dan Gas tabung kecil
Matras biasanya digunakan untuk alas ketika akan tidur di tenda, jangan sepelekan alat ini kawan, jika kondisi hujan dan tanah basah, saya tidak menjamin tenda kalian akan tahan terhadap air yang mengalir di permukaan tanah, untuk amannya bawalah matras supaya lebih hangat dan air yang merembes masuk kedalam tenda tidak langsung mengenai SB. Nesting dan kompor hal yang wajib di bawa, entah mau melakukan pendakian dengan ngecamp ataupun naek malam turun pagi, suhu tubuh kita diketinggian sangat membutuhkan cairan yang hangat, apalah gunanya naek gunung tanpa membuat kopi dan menikmatinya dengan secangkir gelas..? halah, hahaha..

8. Kompas, Headlamp, Senter, Alat Makan dan Minum, Topi Lapangan, Slayer, Kacamata Hitam
Alat alat ini juga jangan sampai dilupakan, saya pribadi lebih suka memakai headlamd dari pada senter untuk pendakian di malam hari, karena ketika mendaki tangan kita pasti akan memegang akar pohon atau bebatuan untuk membantu pendakian, dengan headlam maka akan memudahkannya. Alat makan dan minum beserta sendoknya ini suatu hal sepele yang sering terlupa, sudah banyak banyak bawa makan tetapi sampai atas nggk bawa gelas sama piring, terus mau di minum dan makan pakai apaan coba, hahaha.. lha nesting..? ya nesting juga bisa di pake, tetapi kan ada baiknya membawa alat makan dan minum, nesting untuk menghangatkan makanan atau minuman saja biar tidak cepat dingin. Topi lapangan biasanya digunakan untuk melindungi wajah kita dari sengatan matahari, slayer berguna untuk ikat kepala agar memfilter keringat yang jatuh tidak membasahi muka dan kacamata untuk melindungi mata kita dari sinar matahari, ingatlah kawan semakin kita tinggi dan dekat dengan matahari jangan sesekali melihat matahari secara langsung.

9. Ponco, Alat P3k, Tissue, Lilin, Pisau lipat, Korek Api, Batrai Cadangan, Parang/Golok Tebas, Sunblock dan Kamera.
Banyak sekali di poin nomor 9 ini, tetapi mereka semua akan sangat berguna dan penting di atas gunung. Untuk Ponco belilah yang model batman fungsinya untuk melindungi tas yang kita bawa, untuk yang model jas hujan saya rasa kurang simple, tas yang kita bawa juga akan basah di bagian punggung. Untuk sunblock akan sangat berguna jika kalian melakukan perjalanan di siang hari, bukannya takut hitam tetapi ketika kalian semakin mendekati puncak cahaya matahari semakin ganas, siapa coba yang mau kena kanker kulit ? nggk ada salahnya kan jika membawa sunblock, hehehe.. keselamatan kita yang paling utama bro,,

Nah, sedikit share saja kepada temen temen tentang alat alat pendakian selama saya mulai mendaki di tahun 2008 hingga sekarang banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan. Tetapi saya rasa nggk afdol rasanya jika saya tidak berbagi pengalaman melalui tulisan ini, semoga bermanfaat bagi teman teman semua.. oh ya, selagi musim hujan di awal november 2014 ini nggk ada salahnya kan menabung untuk membeli alat alat pendakian, hehehe.. saran saya, belilah alat termahal yang anda mampu, jangan tanyakan masalah merk A dan B karena semakin mahal alat tersebut maka akan semakin berguna dan bermanfaat di jangka panjang.

Sedikit oleh oleh dari gunung merbabu dengan view gunung merapi :)
Mata yang masih terasa kantuk pagi itu saya paksakan untuk beranjak dari tempat tidur, tidak seperti biasanya saya bangun sepagi ini. Setelah sholat shubuh dan mempersiapkan alat fotografi saya langsung menuju tempat dimana kita berkumpul dan kemudian berangkat bersama menuju Gunung Kidul. Perjalanan sekitar 1,5 jam dari kota Jogja dengan jalan yang berliku-liku membuat saya tak sabar rasanya ingin segera sampai di lokasi. Rasa penasaran akan goa jomblang semakin mendekat menjadi semakin kuat, selalu bertanya tanya seperti apakah lubang goa itu yang sudah bertahun-tahun menjadi daya tarik keindahan di perut bumi. Goa Jomblang merupakan goa vertikal dengan hutan purba di dasarnya, untuk memasuki goa jomblang diperlukan tehnik SRT ( Single Rope Technique ) atau di dampingi oleh penelusur goa yang sudah berpengalaman.
setelah briefing dan persiapan menuruni mulut goa
Satu persatu dari ketujuh orang mulai menuruni tali yang sudah di persiapkan untuk turun dari mulut goa, jalur yang kami tempuh yaitu jalur VIP dan sayalah yang di tunjuk untuk turun pertama katanya yang paling muda duluan ya sudahlah mau nggk mau kalau protes panjang debatnya, hahaha.. Awal menuruni sangat susah bagi saya dengan membawa tas yang berisi kamera dan tas tripod menjadi beban sebagai pemula. menuruni goa jomblang dengan jalur VIP ini sekitar 20 meter agar mencapai dasar goa, rasa waswas dan adrenalin lagi-lagi terpacu untuk menuruni tali hingga sampai ke dasar goa.
Jalur VIP goa jomblang
Sesampainya di dasar goa, mulut goa grubuk juga belom terlihat dan diperlukan perjalanan sekitar 300 meter untuk menemukan cahaya di perut bumi. Pemandangan di dasar goa berbeda dengan kondisi di atas yang ketika musim kemarau sangat gersang dan udara yang panas membuat dehidrasi. Di dasar goa jomblang tumbuh pepohonan yang sudah berpuluh-puluh tahun lamanya sejak runtuhnya tanah di permukaan ke dasar goa, suasana sejuk dan angin yang keluar dari mulut goa membuat suasana menjadi tenang, mungkin disinilah ketenangan yang di dapatkan selain di ketinggian yaitu di perut bumi.
Mulut Goa Grubug
Dari mulut goa grubuk, berjalan sekitar 300 meter dengan gelap abadinya goa, maka sampailah di cahaya surga mahakarya sang pencipta yang wajib kalian saksikan langsung. Saya pribadi tak puas jika hanya melihat indahnya tanah air dari website atau foto milik orang lain, ada rasa ketertarikan sendiri yang membuat saya harus bergerak menyaksikan langsung mahakarya ini, jika orang lain bisa sampai kesana kenapa saya tidak bisa, seringkali perjalanan yang sulit itu akan menuju destinasi yang indah kawan. Setelah beberapa menit menelusuri jalanan yang licin, sampailah kami dimana "Ray of Light" berada. Subhanallah, beberapa saat sebelum memotret saya selalu melihat kondisi sekitar, sangat takjub rasanya untuk pertama kali melihat goa grubuk ini, suasana lembab dan suara sungai di dasar goa membuat suasana tak terasa hening, tetesan air yang jatuh pun menjadi perhatian saya agar tak jatuh tepat di kamera.
Sinar matahari yang jatuh ke dasar goa menjadi icon tersendiri bagi goa grubug ini
menikmati indahnya perut bumi goa grubug
Waktu terbaik untuk menikmati cahaya di goa grubug yaitu jam 10.00 pagi hingga jam 12.00, ketika melebihi jam 12.00 maka cahaya di goa akan berpindah posisi yang menurut saya pribadi juga sudah kurang bagus. Ayo jelajahi negerimu, tak perlu jauh jauh ke luar negeri untuk melihat keindahan alam karya sang pencipta karena tanah tumpah darah kita adalah surga baik di gunung, pantai dan juga perut bumi yang indah ini. Segeralah mengepak tas dan jelajahi Indonesiamu sebelum terlambat.
"Ray of Light" Goa Grubug
Bunga dan Lingkan, dua traveler wanita yang saya temui di goa grubug
Indahnya tanah air beta

Hari kedua Jember Fashion Carnaval (JFC) 2014 berlangsung dengan tema "Art Wear Carnaval". Sebelumnya di hari pertama yaitu JFC Kids Carnival dengan penampilan yang menggemaskan bagi para penonton. Di hari kedua ini tentunya tak kalah seru dengan hari pertama, Art wear yang melambungkan suatu imajinasi musim dingin juga tampil dengan sepuluh defile yaitu Mahabharata, Borobudur, Flying Kite, Chemistry, Phoenix, Wild Deer, Stalagmite, Pine Forest, Tambora dan Apache. Sebagai kekayaan alam yang terancam punah, salah satu defile yaitu Wild Deer memiliki keunikan salah satu satwa langka yang dilindungi di Indonesia.
Defile Wild Deer
Defile Flying Kite
Selain itu ada juga Defile Tambora, diambil dari sebuah legenda yang mampu membuat dunia gelap gulita berhari hari dan letusan dahsyatnya juga telah menciptakan anomali cuaca diberbagai belahan bumi. Nuansa khas corak NTB sudah pastinya akan selalu menjadi penanda defile Tambora ini.
Defile Tambora
Defile Borobudur
Art wear Carnival ini merupakan suatu bukti bahwa JFC ingin membuktikan dirinya sebagai Global Trend Setter. Carnaval Artwear inilah buktinya bahwa imajinasi para talent JFC telah membuktikan bahwa mereka mampu mendesain busana musim dingin dengan penuh kreativitas. Inilah suatu seni merancang busana yang menjanjikan sebuah penampilan unik.
Defile Chemistry
Defile Mahabharata
Defile Phoenix
Defile Stalagmite

Jember Fashion Carnaval yang dimulai dari tanggal 21 Agustus 2014 menampilkan Kids Carnival, dalam JFC Kids Carnival kali ini para penonton akan diajak menyaksikan penampilan fashion show yang  diperagakan oleh murid TK dan SD kota Jember. Defile yang akan berparade kali ini adalah Mahabharata, Borobudur, Flying Kite, Chemistry, Phoenix, Wild Deer, Stalagmite, Pine Forest, Tambora dan Apache. Pembukaan Kids Carnival yang dimulai jam 15.00 WIB di awali dengan tarian yang kemudian diikuti oleh masing masing defile.

Mahabharata, sebagai pembuka Kids Carnival
Mahabharata yang memakai kostum bernuansa kuning menjadi laga pembuka. Siapa yang tidak kenal dengan kisah Mahabharata, dalam parade kali ini penonton akan di ajak melihat kembali masa kejayaan dan keagungan kisah kerajaan di Khayangan.
Si kecil dengan kostum Mahabharata
Sikecil dengan Kostum Borobudur
Sikecil dengan Kostum Phoenix
Sikecil dengan kostum Flying Kite
Sore itu benar benar manjadi magnet bagi para fotografer, polosnya anak kecil dengan kostum unik dan berbagai ekspresi membuat penonton kagum dan tertawa sesekali karena lucunya anak-anak tersebut. Ada yang berani tampil di depan kamera dan ada yang malu-malu dan langsung melanjutkan karnaval dengan rute yang di tentukan yaitu mengelilingi alun alun kota Jember.
Sikecil dengan kostum Pine Forest
Kids Art Wear Stalagmite
Kids Art Wear Tambora
Sikecil dengan kostum Wild Deer
Kids Art Wear Apache

Anak Rimba

Mulailah menulis satu kata, lalu satu kalimat, kemudian satu paragraf, selanjutnya satu halaman, sampai akhirnya menjadi satu buku…